Minggu, 01 Januari 2012

Tugas mengenai Novell netware


NOVELL NETWARE
I.SEJARAH
Novel netware adalah sebuah sisitem operai jaringan yang umum digunakan dalam kompiter IBM PC atau kompatiblenya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jarinagan xerox XNS. Netware telah digantikan oleh open Enterprise Server (OES). Versi terakhir dari netware hingga april 2007 adalah versi 6.5 support pack 6, yang identik dengan OES netware kernel, support pack 2.
















IV. KEKURANGAN NETWARE
1.  Diawal –awal novell memang sangat berjaya dalam hal jaringan yang murah meriah, karena tidak ada kompetitor. Keunggulan uatam yang dikenal adalah dalam hal print fole share-nya. Tetapi sesuai perkembangan saat ini kemampuan microsoft dalam hal networking ternyata lebih bagus lagi dibanding novell.

2.     Fungsi generic dari server Novell sendiri, hanyalah sebagi penyedia basis data, sedangkan yang melakukan komputasi justru ada di clisnt, bukan di server. Fungsisprti itu saat ini tidak lagi relevan denagn kebutuhan. Dan tentunya akan kalah jah denagn microsoft,memang dari segi biaya microsoft lebih mahal

3.  Kekurangan yang paling dasar pada Novell yaitu harus tergantung pada tripartid.


III. KELEBIHAN NETWARE 5
Kelebihan netware dibanding windows 2000

o Netware 5 telah dioptimalkan dengan sistem operasi jaringan (NOS) yang jalan dan mengelola layanan jaringan dan berbagai lingungan arinagan , termasuk netware, windows NT, UNIX, dan sistem host lainnya. Sedang windows NT da windows 2000 dikembangkan sebagi sistem operasi general purpose untuk workststion dan server ,tidak khusus untuk jaringan.

o Berkat pendekatan penuh netware 5 ke server , layanan dan administrasi ke desktop, begitu laporan IDC, produk ini 56 % lebih muarah dibanding biaya yang harus dikeluarkan untuk miliki windows NT.

o Kernel multiprosessing netware 5 meningkatkan skalabilitas dan kinerja. Sementara windows NT dan windows 2000 tidak menyediakan directory lintas – platform dan insfrastruktur management.

o Netware 5 membawa skalabilitas netware ke tingkat yang lebih tinggi dengan fitur seperti novell storage service yang mendukung sistem file dengan ukuran nyaris tak terbatas. Dan Microsoft Windows NT tidak menyediakan directori sejati, membutuhkan hardware dan investasi software yang lebih besar dan membutuhkan anggaran IS yang lebih besar untuk mengakomaodasi windows NT Server yang terus meningkat.

o Novell directory Service (NDS) sudah teruji dipasr

Novell Protokol
Novell NetWare protokol sangat dipengaruhi oleh desain dan implementasi Xerox Network System (XNS) arsitektur protokol. Portage menyediakan dukungan komprehensif untuk setiap sistem operasi desktop utama, termasuk DOS, Windows, Macintosh, OS / 2, dan UNIX. Selain itu, Novell memberikan dukungan yang luas untuk jaringan area lokal dan asinkron komunikasi luas.
 IPX
 Protokol Internet Exchange (IPX) adalah's implementasi Novell dari Xerox Internet Datagram Protocol (IDP). IPX adalah protokol datagram connectionless yang memberikan paket di Internet dan menyediakan workstation dan server NetWare file dengan pengalamatan dan routing jasa internetworking.
RIPX
Routing Information Protocol (RIP), digunakan untuk mengumpulkan, memelihara dan pertukaran informasi routing yang benar antara gateway di Internet. Protokol ini jangan dikelirukan dengan RIP dari alamat IP / suite protokol TCP

BCAST
Protokol BCAST pengumuman dari jaringan menginformasikan pengguna bahwa ia telah menerima pesan. 

1 komentar: