Minggu, 20 Januari 2013

Pengguna Basis Data


Beberapa Pengguna Basis Data
1.       System engineer: Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan system basis data,dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dan system tersebut kepada pihak penjual.
2.       Database Administrator : Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol system basis data secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan system basis data,merencanakan dan mengaturnya.
3.       End user(pemakai akhir)
End user terbagi dalam beberapa jenis yaitu:
1.       Programmer aplikasi : pemakai yg berinteraksi dengan basis data melalui data manipulate language(DML) yg disertakan (embedded) dalam program yg di tulis pd bahasa program yg di tulis pd bahasa pemrograman induk(c,pascal,cobol.
2.       Pemakai mahir (casual user): pemakai yg berinteraksi dengan system tanpa menulis modul program. Mereka menyatakan query (untuk akses data) dengan bahasa query yg telah disediakan oleh DBMS.
3.       Pemakai umum : pemakai yang berinteraksi denagn system basis data melalui pemanggilan 1 program aplikasi permanen yang telah ditulis sebelumnya.
4.       Pemakai khusus : pemakai  yang menulis aplikasi basis data non konvensional,tetapi untuk keperluan-keperluan khusus seperti aplikasi AI,SP,pengolahan citra,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar