Sabtu, 19 Januari 2013

CONTOH PROPOSAL PI



1.                PENDAHULUAN
1.1                  LATAR BELAKANG

Saat ini semua benda elektronik,alat komunikasi dan permainan komputer mengadaptasikan bahasa pemrograman. Apalagi dengan tingginya tingkat pengembangan teknologi yang terjadi saat ini sangatlah pesat sehingga bahasa pemrograman sangat penting. Dah saat ini bahasa pemrograman sangatlah dibutuhkan dalam berbagai bidang baik dalam bidang ekonomi,bidang pertahanan,bidang kesehatan,bidang agrobisnis ,dll.

Sehingga banyak ahli dalam bidang IT berusaha mengembangkan berbagai bahasa pemrograman yang cocok pada teknologi masa kini dan yang lebih mudah untuk di pahami dan di pelajari agar mudah di gunakan, hal tersebut di maksudkan agar dapat mendukung pekerjaan para penggunanya. Contohnya bahasa-bahasa pemrograman yang ada saat ini yaitu Qbasic,Visual basic,C,C++,Pascal,Cobol ,dan Java. Bahasa- bahasa tersebut terus dikembangkan menjadi bahasa pemrograman yang lebih baik dari sebelumnya yang masing-masing mempunyai keterbatasan dan kelebihannya sendiri.

Pada saat ini bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan karena kelebihannya di bandingkan bahasa pemrograman yang ada adalah pada penggunaannya yang lebih mudah karena tidak terlalu susah dalam aturan pengetikannya,tampilannya yang lebih baik karena sudah tidak memakai tampilan seperti DOS pada C,dan Qbasic,dan bisa di gunakan pada berbagai macam platform baik pada game,handphone,komputer ,dll, adalah bahasa pemrograman JAVA. Java saat ini di pakai di berbagai alat elektronik di handphone,di komputer,di kamera dll.

1.2              IDENTIFIKASI MASALAH

Karena tingginya penggunaan handphone saat ini. Seluruh produsen handphone telah memprodruksi smartphone yaitu handphone yang mempunya kemampuan hampir menyamai kemampuan komputer saat ini. Yang membuat handphone bisa menjadi smartphone sebagian besar karena adanya adaptasi pengembangan java mobile yang diciptakan untuk platform mobile. Dengan adanya java mobile hampir semua handphone dapat di isi aplikasi-aplikasi yang berfungsi seperti aplikasi layaknya pada komputer.

1.3              RUMUSAN MASALAH
1.                  Apa itu JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME) untuk Mobile ?
2.                  Apa pengaruhnya J2ME pada fungsi Handphone ?

1.4              TUJUAN PENELITIAN
1.                  Menyelesaikan Penulisan Ilmiah.
2.                  Memahami fungsi-fungsi J2ME.
3.                  Membahas tentang J2ME.

1.5              MANFAT PENULISAN ILMIAH
Untuk mengenalkan J2ME kepada masyarakat agar J2ME lebih dikembangkan dan di sosialisasikan kepada masyarakat.

2.                LANDASAN TEORI/HIPOTESIS

A.                  Landasan Teori
1.                  Pengertian J2ME.
Java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling. Pada awalnya diberi nama Oak, dimana untuk menghormati pohon yang ada di luar jendela Gosling. Kemudian namanya diubah ke Java karena telah ada sebuah bahasa yang diberi nama Oak.
Motivasi dalam menciptakan Java adalah kebutuhan akan sebuah bahasa yang bisa digunakan pada berbagai platform yang bisa dimasukkan ke dalam berbagai produk elektronik seperti pemanggang roti dan lemari es. Salah satu dari proyek pertama yang dikembangkan menggunakan JAVA sebuah remote kontrol yang diberi nama Star 7. Pada saat yang sama, World Wide Web dan Internet berkembang sangat cepat. Gosling menyadari bahwa Java dapat digunakan untuk pemrograman Internet.
Dengan keluarnya versi 1.2, platform Java telah dipilah-pilah menjadi beberapa edisi : The Standard Edition(J2SE), Enterprise Edition(J2EE), Mobile / Micro Edition(J2ME), dan JavaCard API.

J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen.
Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei, layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah. Dengan pengembangan perangkat mobile konsumer dari telepon, PDA, kotak permainan ke peralatan-peralatan rumah, Java menyediakan suatu lingkungan yang portable untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi pada perangkat ini. Program J2ME, seperti semua program JAVA adalah diterjemahkan oleh VM.

Program-program tersebut dikompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan denga Java Virtual Machine(JVM).Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak harus dikompile ulang supaya mampu dijalankan pada mesin yang berbeda. Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration
menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu sistem J2ME. Ia menggambarkan core
library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan.




2.                  Fungsi dan Cara kerja J2ME.
J2ME adalah teknologi Java yang diperuntukkan perngkat-perngakat kecil consumer device , terutama wireless. Beberapa perangkat wireless antara lain PC, PDA, communicator, embedded device, smart card dan ponsel. Teknologi Java mungkin merupakan satu-satunya cara memprogram beberapa perangkat, berbagi logic antara perangkat dan server, pengantaran aplikasi secara dinamis, program yang kompak, lingkungan pengembangan yang aman dan cepat. J2ME memungkinkan perangkat lunak dapat di-download perangkat sekaligus memungkinkan layanan yang dapat disesuaikan di beragam perangkat.
J2ME Configuration mendefinisikan lingkungan kerja J2ME runtime. Oleh karena setiap handheld device memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda, J2ME Configuration ini dirancang yaitu menyediakan library standar yang mengimplementasikan fitur standar dari sebuah Handled device.
Ada dua kategori J2ME Configuration yaitu :
a. CLDC ( Connected Limited Device Configuration )
Digunakan untuk aplikasi java pada perangkat-perangkat keras dengan ukuran memori yang sangat terbatas, yaitu pada kisaran 160 sampai 512 KiloBytes, seperti handphone, organizer atau PDA seperti PALM, Poket PC dan two way pagers.

b. CDC (Connected Device Configuration )
Digunakan untuk aplikasi Java pada Handheld devices dengan ukuran memori paling tidak 2 Megabytes, seperti : Internet TV, Nokia, Communicator dan car television.


B.                  HIPOTESIS SEMENTARA

J2ME adalah platform java yang sengaja diciptakan untuk platform unik yang kecil yang tidak terlalu memerlukan persyaratan hardware yang besar. J2ME berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pada benda-benda kecil seperti handphone,wireless,pocket PC.
J2ME banyak digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi pada handphone seperti games,aplikasi peta,aplikasi pemutar music dll.
Syarat yang dibutuhkan untuk menggunakan J2ME tidak banyak, yaitu :
1.      Untuk J2ME kategori CLDC pada kisaran 160 sampai 512 KiloBytes.
2.      Untuk J2ME kategori CDC  2 Megabytes.



3.                  KESIMPULAN
Java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling,dan Java di buat dalam 3 jenis platform yang berbeda. Ada The Standard Edition(J2SE), Enterprise Edition(J2EE), Mobile / Micro Edition(J2ME), dan JavaCard API.
Dan J2ME dibuat dan dirancang untuk platform kecil seperti pada handphone dan pocket PC.

4.                  Saran
Semakin sering berlatih menggunakan bahasa Java Khususnya J2ME akan membuat keahlian menjadi lebih pandai karena J2ME dapat dengan mudah di gunakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar