Kamis, 13 Juni 2013

Sistem Operasi Jaringan ( Network Operating System)


Sistem Operasi Jaringan ( Network Operating System)
Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum adalah suatu pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan untuk memudahkan dan memberi kenyamanan dalam penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.
Sistem operasi jaringan (Inggris: network operating system) sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.
Sistem operasi jaringan atau sistem operasi komputer yang dipakai sebagai server dalam jaringan komputer hampir mirip dengan sistem operasi komputer stand alone, bedanya hanya pada sistem operasi jaringan, salah satu komputer harus bertindak sebagai server bagi komputer lainnya. Sistem operasi dalam jaringan disamping berfungsi untuk mengelola sumber daya dirinya sendiri juga untuk mengelola sumber daya komputer lain yang tergabung dalam jaringan.
Sistem operasi harus diinstal ke dalam komputer agar dapat berfungsi dengan baik. Dalam instalasi sistem operasi jaringan terdapat beberapa mode pilihan yang disediakan yaitu berupa mode text dan mode grafik. Instalasi sistem operasi berbasis text merupakan salah satu mode instalasi sistem operasi komputer dengan tampilan text.
Mode text digunakan jika spesifikasi hardware komputer yang akan diinstal mempunyai spesifikasi yang rendah. Metode instalasi berbasis text akan mempercepat proses instalasi Metode instalasi sistem operasi berbasis text sering digunakan untuk mempercepat proses instalasi walaupun dengan tampilan yang kurang menyenangkan. Biasanya untuk spesifikasi komputer yang sederhana dibanding dengan sistem operasinya akan menggunakan metode berbasis text.
Sistem operasi komputer telah mengalami perkembangan yang sangat pesat baik untuk keperluan stand alone maupun jaringan. Ada banyak sistem operasi komputer yang dapat digunakan dalam sebuah komputer baik stand alone maupun jaringan diantaranya adalah Microsoft Windows Series (Win 3.1, Win 9x, Win ME, Win 2000, Win XP, Win NT, Win Vista), Unix, San Solaris, Linux Series (Redhat, Debian, SUSE, Mandrake, Knoppix), Mac, dan lain sebagainya. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga diperlukan analisis dalam memilih sistem operasi mana yang sesuai dengan kebutuhan.





Sebuah sistem operasi jaringan (NOS) merupakan perangkat lunak yang mengendalikan jaringan dan pesan (misalnya paket) lalu lintas dan antrian, kontrol akses oleh beberapa pengguna untuk jaringan sumber daya seperti file, dan untuk menyediakan fungsi-fungsi administratif tertentu, termasuk keamanan.Bagian atas 5 lapisan dari OSI Reference Model memberikan fondasi yang banyak pada jaringan berbasis sistem operasi.

Fitur Jaringan sistem operasi termasuk:
• dukungan dasar untuk mendukung hardware port
• fitur keamanan seperti otentikasi, otorisasi, login pembatasan, dan kontrol akses
• nama layanan dan layanan direktori
• file, mencetak, penyimpanan data, backup dan replikasi layanan
• akses remote
• sistem manajemen
• administrasi jaringan dan audit peralatan dengan antarmuka grafis
• clustering capabilities
• toleransi kesalahan dan ketersediaan tinggi

Contoh
• 6WINDGate, 6WIND paket perangkat lunak yang berbelok ke dalam distribusi Linux routers’ kontrol pesawat dan data pesawat.
• Cisco ios (sebelumnya “Cisco Internetwork Operating System”) adalah NOS memiliki fokus pada internetworking kemampuan perangkat jaringan. Digunakan pada Cisco Systems router dan beberapa jaringan aktif.
• BSD, juga banyak digunakan dalam jaringan server.

Beberapa perangkat sistem operasi, termasuk Mac OS X dan semua versi Microsoft Windows sejak Windows 2000, termasuk fitur NOS. Beberapa jaringan untuk sistem operasi DOS dan sistem Windows termasuk Novell NetWare, LAN Manager, dan Banyan Vines. Sistem operasi ini tidak sendiri jaringan sistem operasi. NOS merupakan OS yang telah ditulis secara khusus untuk menerapkan dan memelihara jaringan.
Sebuah sistem operasi jaringan (NOS) adalah komputer sistem operasi sistem yang dirancang khusus untuk mendukung workstation, komputer, dan dalam beberapa kasus, tua terminal yang terhubung pada jaringan area lokal (LAN). Artisoft dari LANtastic, Banyan VINES, Novell’s NetWare, dan Microsoft’s LAN Manager adalah contoh dari sistem operasi jaringan. Selain itu, beberapa multi-tujuan sistem operasi, seperti Windows NT dan digital dari OpenVMS datang dengan kemampuan yang memungkinkan mereka untuk dapat digambarkan sebagai sebuah sistem operasi jaringan.
Sebuah jaringan sistem operasi menyediakan printer sharing, common file system dan database sharing, application sharing dan kemampuan untuk mengelola sebuah jaringan nama direktori, keamanan, dan aspek lainnya di rumah jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar