Kamis, 13 Juni 2013

PENGENALAN SISTEM BASIS DATA TERDISTRIBUSI

PENGENALAN SISTEM BASIS DATA TERDISTRIBUSI

KONSEP
Untuk membahas mengenai DBMS terdistribusi , terlebih dahulu mengetahui apa yang di maksud dengan basis data terdistribusi  dan DBMS terdistribusi.

Basis data terdistribusi ; Secara logik keterhubungan dari kumpulan-kumpulan  data yang digunakan bersama-sama, dan didistribusikan melalui suatu jaringan komputer.

DBMS Terdistribusi ; Sebuah sistem perangkat lunak yang mengatur basis 
data terdistribusi dan membuat pendistribusian data 
secara transparan.

DDBMS memiliki satu logikal basis data yang dibagi ke dalam beberapa fragment. Dimana setiap fragment disimpan pada satu atau lebih komputer dibawah kontrol dari DBMS yang terpisah , dengan mengkoneksi komputer menggunakan jaringan komunikasi.
Masing- masing site memiliki kemampuan untuk mengakses permintaan pengguna pada data lokal dan juga mampu untuk memproses data yang disimpan pada komputer lain yang terhubung dengan jaringan.
Pengguna mengakses basis data terdistribusi dengan menggunakan dua aplikasi yaitu aplikasi lokal dan aplikasi global, sehingga DDBMS memiliki karakteristik yaitu :
Kumpulan dari data logik yang digunakan bersama-sama
Data di bagi menjadi beberapa fragment
Fragment mungkin mempunyai copy ( replika )
Fragment / replika nya di alokasikan pada yang digunakan
Setiap site berhubungan dengan jaringan komunikasi
Data pada masing-masing site dibawah pengawasan DBMS
DBMS pada masing-masing site dapat mengatasi aplikasi lokal, secara otonomi

Masing-masing DBMS berpastisipasi paling tidak satu global aplikasi. 
Dari definisi tersebut , sistem diharapkan membuat suatu distribusi yang transparan. Basis data terdistribusi terbagi menjadi beberapa fragment yang disimpan di beberapa komputer dan mungkin di replikasi, dan alokasi penyimpanan tidak diketahui pengguna . Adanya  Transparansi di dalam basis data terdistribusi agar terlihat sistem ini seperti basis data tersentralisasi. Hal Ini mengacu pada prinsip dasar dari DBMS (Date,1987b).  Transparansi memberikan fungsional yang baik untuk pengguna tetapi sayangnya mengakibatkan banyak permasalahan yang timbul dan harus diatasi oleh DDBMS.

Pemrosesan Distribusi : Basis data tersentralisasi yang dapat diakses di 
semua jaringan komputer

Point utama dari definisi basis data terdistribusi adalah sistem terdiri dari data yang secara fisik di distribusikan pada beberapa site yang terhubung dengan  jaringan. 
Jika data nya tersentralisasi  walaupun ada pengguna lain yang mengakses data melewati jaringan , hal ini bukan disebut dengan DDBMS  melainkan pemrosesan secara distribusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar