Kamis, 13 Juni 2013

PENGERTIAN NOVELL NETWARE

PENGERTIAN NOVELL NETWARE DAN JARINGAN
Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:

• Microsoft MS-NET
• Microsoft LAN Manager
• Novell NetWare
• Microsoft Windows NT Server
• GNU/Linux
• Banyan VINES
• Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris

Pengenalan Novell
Novell, Inc telah membuat berita selama bertahun-tahun untuk usaha perjuangan. Novell menikmati kesuksesan yang terkenal sebagai vendor perangkat lunak jaringan – terutama yang NetWare ® sistem operasi. Saat ini perusahaan yang bekerja untuk membangun sebuah bisnis jaringan internet, namun mereka hadapi persaingan kuat.

NetWare
Sistem Operasi NetWare mendukung jaringan dari komputer pribadi (PC). Terpasang pada PC, server NetWare menciptakan lingkungan untuk berbagi file, printer, dan jaringan “layanan” lainnya. Salah satu produk perangkat lunak yang dirancang untuk PC jaringan, versi awal NetWare muncul pada akhir tahun 1980-an. NetWare 3 pada awalnya bernama “NetWare 386″ dan dirilis untuk digunakan dengan prosesor Intel 80386. Demikian juga, Novell NetWare 4 dikembangkan pada awal tahun 1990-an untuk Intel 80486. NetWare 5, versi terbaru dari sistem operasi Novell, telah tersedia sejak September, 1998. Together, NetWare 3, 4, and 5 enjoy an installed base of millions of servers worldwide. Bersama, NetWare 3, 4, dan 5 menikmati penginstalan yang dipasang jutaan server di seluruh dunia. NetWare mengalami persaingan dari Microsoft awal kompetisi di pertengahan tahun 1990-an dengan pengenalan Windows NT Server produk. Beberapa percaya pertumbuhan yang cepat dari Linux server jaringan – walaupun sulit untuk mengukur secara akurat karena sifat yang terbuka dari sistem operasi itu – juga berdampak
Media kadang-kadang merujuk kepada Novell Directory Services (NDS ®) sebagai “mahkota permata” dari produk persembahan Novell. Seperti NetWare, NDS telah mendapat manfaat dari perkembangan sejarah yang panjang yang matang teknologi dengan basis pelanggan besar terpasang. Apa yang membuat NDS terutama menarik adalah fleksibilitas dan berbagai potensi aplikasi dalam jaringan manajemen dan e-commerce.
NDS adalah sebuah LDAP direktori layanan. Direktori seperti NDS menyediakan layanan informasi repositori didistribusikan untuk jaringan sumber daya mulai dari perangkat ke situs Web profil pelanggan. LDAP – yang Ringan Directory Access Protocol – menawarkan cara standar untuk mengakses informasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar