Senin, 30 April 2012

PENDAPATAN NASIONAL


Pendapatan Nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dalam satu periode,biasanya selama satu tahun.


Terdapat beberapa konsep dalam pendapatan nasional yaitu:



Domestik Bruto (GDP)  jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara (domestik) selama satu tahun.

Produk Nasional Bruto (GNP) Meliputi nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara (nasional) selama satu tahun.

Pendapatan Nasional Neto (NNI) Pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi.

 Pendapatan Perseorangan (PI) jumlah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan kegiatan apapun.

Pendapatan yang siap dibelanjakan (DI) Pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi.
        
Manfaat mengetahui Pendapatan Nasional :
-          Dapat mengukur tingkat kemakmuran suatu negara dan untuk mendapatkan data-data terperinci mengenai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara selama satu periode.
-          Mengetahui struktur perekonomian nasional.
-          untuk menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekomian terhadap pendapatan nasional

faktor – faktor yang mempengaruhi Pendapatan Nasional adalah :
-          Permintaan dan penawaran agregat.
-          Konsumsi dan tabungan
-          investasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar