Senin, 10 Januari 2011

suporter aff cup 2010




PERILAKU SUPORTER SEPAK BOLA MALAYSIA DI PIALA AFF 2010
             Suporter dalam dunia sepak bola sangatlah penting. Setiap suporter datang tanpa paksaan, tanpa permintaan , dan tanpa imbalan semata-mata demi untuk mendukung tim sepak bola andalannya bermain. Teriakan setiap suporter bola dapat memberi semangat pada setiap pemain yang sedang bermain di lapangan. Tetapi teriakan supporter kepada tim lawan juga dapat merusak mental pemain lawan.
            Dan ajang yang paling hot sekarang ini adalah turnamen AFF Suzuki Cup yang baru saja selesai. Para suporter setiap tim membawa atributnya masing-masing untuk membantu dukungan timnya masing-masing. Dari awal pertandingan piala AFF cup perilaku suporter selalu memberikan efek kepada tim yang mereka dukung, terkadang meski tim yang mereka dukung kalah para supporter tetap memberikan dukungan mereka kepada tim mereka masing-masing.
Tetapi selama berlangsungnya kejuaran AFF cup belum pernah ada kasus kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh supporter tim tiap Negara sampai akhirnya pada pertandingan final laga pertama antara Indonesia melawan Malaysia yang berlangsung di Malaysia. Pada pertandingan ini terjadi kasus paling tidak sportif yang dilakukan oleh supporter dari timnas Malaysia berbuat curang dengan menggunakan sinar laser untuk mengganggu konsentrasi pemain dari timnas Indonesia supaya timnas Indonesia tidak dapat bermain dengan serius sehingga timnas Malaysia dapat mengalahkan tim dari Indonesia.
Sinar laser pertama terlihat pada pembukaan lagu Indonesia raya di nyanyikan, ada sinar laser menempel di wajah markus horison, tetapi pihak panitia belum menanggapi ini serius. Lalu pada saat pertandingan berlangsung pun sinar laser masih terus menyinari pemain-pemain dari timnas Indonesia. Hingga pada babak kedua sang kiper markus horison mulai kesal dan memprotes kepada wasit, karena gangguan sinar laser yang semakin parah. Sehingga pertandingan sempat di hentikan sejenak oleh sang wasit.
Perbuatan-perbuatan tidak sportif yang di lakukan oleh suporter  Malaysia sangatlah tidak pantas. Apalagi ini pertandingan antar Negara yang seharusnya di lakukan secara terhormat tanpa ada kecurangan-kecurangan yang merusak kehormatan Negara-negara peserta kejuaraan AFF cup.
Supporter Malaysia memang berniat memberikan dukungan mereka kepada tim Negara mereka untuk menang, tetapi cara yang mereka perbuat salah dengan berbuat curang seperti itu. Dan karena perbuatan supporter malaysia yang curang AFF pun memberikan sangsi keras kepada Negara Malaysia karena hal yang di perbuat oleh suporternya.
Sekian dari saya , saya terus mendukung niat para supporter untukmendukung timnya secara sportif dan tidak menodai sportifitas olahraga..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar