Selasa, 16 November 2010

anak jalanan






Anak jalanan. Mereka adalah beberapa anak-anak yang kurang beruntung, yang harus bekerja membantu orang tuanya dengan sangat  terpaksa karena tuntuan ekonomi mereka. Mereka harus tidur beratapkan langit dan beralaskan lantai tanpa adanya alas tidur yang baik di saat anak lainya tidur di tempat yang sangat nyaman mereka hanya memakai baju seadanya karena tidak adanya pilihan  baju lain yang bisa mereka pakai untuk setiap hari.
Meskipun mereka hidup kekurangan dalam segi ekonomi dan pendidikan, mereka tetap seperti keluarga yang sangat bahagia meskipun mereka tidak memiliki tempat tinggal sebagaimana layaknya orang Jakarta lainnya. Mereka sangat bahagia meskipun ekonomi orang tua mereka sangat sulit ,mereka tetap menikmati kehidupan mereka yang apa adanya itu. Saat mereka senang dan tersenyum gembira senyuman mereka sangat indah dan tulus dari hati mereka. Senyuman yang bahkan, orang-orang kaya yang hidupnya serba ada sekalipun belum tentu bisa memiliki senyum yang indahnya sangat tidak ternilai itu.
Terkadang orang tua mereka menyuruh mereka bekerja mengamen atau menjual dagangan nya, dan mereka mau tidak mau harus mau membantu orang tua mereka untuk mencari uang. Namun, anak-anak ini tetap mencuri waktu untuk bermain bersama teman-temannya, tertawa bahagia menikmati masa kecil mereka. Sedikitpin tidak tersirat beban atau perasaan tertekan atau perasaan iri di wajah mereka. Mereka benar-benar hanya ingin menikmti hidup mereka sebagaimana seorang anak kecil.
Rasanya sangat sedih ketika melihat kehidupan seperti ini. Tapi sekarang kita tahu dan sadar bahwa hidup di keluarga yang berkecukupan adalah suatu hadiah pemberian dari Tuhan yang sangat berharga bagi kita. dan kita harus belajar mengenai kerja keras dan semangat yang tinggi walaupun yang kita lakukan sangat sulit untuk di selesaikan atau di wujudkan. tapi itulah yang kita lihat ada pada anak-anak jalanan yang terus berjuang tanpa pernah mengeluh dan terus tersenyum senang. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar